Tentang Kami

Berawal dari keprihatinan terhadap fenomena negatif kalangan anak muda saat ini. Komunitas Karya Muda Belitung (KMB) yang terlahir pada tanggal 28 Oktober 2014, pada hari sumpah pemuda, akan memberikan rasa baru sosok generasi muda. Rasa generasi muda yang penuh aura positif, rasa peduli tinggi, rasa juang tinggi, rasa penasaran terhadap iptek, dan rasa untuk kembali mengabdi bagi daerah. Komunitas ini berikhtiar menghimpun kekuatan generasi muda asli Belitung yang tersebar di seluruh belahan dunia.

Kekuatan anak muda yang KMB maksud di sini adalah Karya dan Prestasi. Kami memiliki rasa peduli bahwa karya dan prestasi yang kami perjuangkan saat ini bisa berarti bagi daerah tempat kami dilahirkan, bisa bernilai bagi daerah tempat kami dididik, dan bisa bermanfaat bagi daerah yang kemungkinan besar adalah masa depan kami di hari tua.

KMB memiliki visi menjadi komunitas generasi muda berkekuatan global berkontribusi lokal dengan harapan akan tumbuh menjadi komunitas atau kumpulan generasi muda dengan kekuatan (karya, kreativitas, ilmu, skill, kepedulian, prestasi, bisnis, dll) yang diperoleh dari perkuliahan, bekerja, ataupun merantau di level nasional dan internasional dan selanjutnya akumulasi kekuatan itu dapat ditransfer menjadi kontribusi nyata bagi kemajuan pulau Belitung secara lokal.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan kami, semoga KMB mampu menampilkan sosok baru gaya anak muda masa kini. Agar bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat Belitung, contoh bagi pelajar, sahabat bagi pendidik, dan pendukung bagi orang tua. Semoga niat baik kami mampu membumi.

Salam Hormat,

Suryandaru, ST, MT

Founder and Strategic Advisor

 

Visi dan Misi

-Visi-

Menjadi Komunitas generasi muda berkekuatan global berkontribusi lokal

-Misi-

  1. Sebagai forum jaringan komunikasi antar anak muda Belitung yang tersebar di banyak Negara. (KMB-Network)
  2. Sebagai forum diskusi dalam menghasilkan gagasan-gagasan strategis bagi perkembangan dan kemajuan pulau Belitung (KMB-Strategy)
  3. Melaksanakan kelas inspirasi, seminar, workshop, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan yang mendorong kesadaran tentang pentingnya pembangunan kualitas SDM anak muda yang merupakan aset masa depan Belitung. (KMB-Education)

Founder

Para pemuda yang menjadi pengurus dan inisiasi terbentuknya Perkumpulan Karya Muda Belitung.

Suryandaru
Suryandaru
Muhammad Fadhilah
Muhammad Fadhilah
Dedek Kusviati
Dedek Kusviati
Zainuddin
Zainuddin
Hesty Susanti
Hesty Susanti
Iwan Irawan
Iwan Irawan

Sekapur Sirih

Ares Faujian
Ares FaujianPemimpin Redaksi/ Media KMB redaksi.belitungmuda@gmail.com
"Live Locally Grow Globally"

As-salamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang tak pernah henti menyayangi umat manusia dengan belaian kasih sayang dan rida-Nya. Teriring salam dalam doa kepada rasulullah Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan insan manusia menuju dan hingga akhir zaman dunia. Semoga kita semua selalu sehat dalam taat, dengan didekatkan pada lingkungan yang baik hingga terbaik sebagai persiapan menuju surga yang sangat diidam-idamkan oleh umat manusia. Aamiin, aamiin, aamiin Yaa Robbal’alaamiin.

Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Suryandaru selaku founder Karya Muda Belitung (KMB) dan saudara-saudari di kepengurusan yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) media daring KMB (belitungmuda.com). Tak lain dan tak bukan untuk membangun SDM muda pulau Belitung via dunia literasi adalah angan dan motivasi pribadi agar para pemuda-pemudi Belitung bisa menyalurkan aspirasi, inspirasi, motivasi, prestasi, hingga bakat menulisnya dengan melukiskan mimpi-mimpi dalam sebuah goresan yang bernama “tulisan”.

Dunia tulisan atau dunia literasi baca-tulis menjadi bagian yang sangat penting di dunia. Dengan tulisan, semua orang terbantukan dalam merekam memori-memori yang terdokumentasikan dalam suatu karya masa. Tanpa karya (tulisan), manusia tidak akan tahu bagaimana sisi historis peradaban ‘jaman old’. Termasuk ihwal menginspirasi dan memotivasi generasi ‘jaman now’ hingga bisa menghasilkan produk IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) yang ‘wow’.

Menulislah! Dengan menulis kalian tidak hanya bisa menyalurkan rasa di hati dan ide dalam pikiran. Namun, tulisan itu bisa menjadi berkah ketika dibaca dan diaplikasikan dalam suatu peradaban.

Mari kita saling berbagi dalam dunia literasi. Karena dengan saling berbagi, saling menyemangati, dan saling menginspirasi. Adalah kunci bahwa kekuatan karya bisa memberikan jejak inspirasi, memberikan motivasi dalam prestasi, hingga mentransformasi diri menjadi insan yang lebih baik lagi.

Semoga dengan adanya media daring ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi pemuda Belitung dan berimbas baik untuk pulau Belitung secara keseluruhan. Aamiin. Yuk, mari kita manfaatkan media literasi digital ini dengan kisahmu yang akan memberi pesan dan kesan untuk anak-cucu kita nanti.

Jadi, kalau bukan kamu, siapa lagi? Kamu. Iya, kamu.

Was-salamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Salam literasi!

Manggar, 25 Agustus 2019

Pemimpin Redaksi/ Media KMB

Ares Faujian